Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Pedas Ternyata Juga Bermanfaat bagi Kesehatan

Manfaat Makanan Pedas
Hampir semua orang Indonesia umumnya menyukai makanan yang rasanya pedas. Kalau nggak pedas, nggak nendang. Begitu katanya. Nah, selain dapat membangkitkan selera makan, makanan yang pedas juga akan terasa lebih lezat. 

Namun ternyata, di balik semua itu, makanan pedas juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Lho kok bisa?

Yups, benar sekali! Cabe yang merupakan biang keladi makanan menjadi terasa pedas ternyata memiliki kandungan senyawa tertentu yang berguna bagi kesehatan. Lalu manfaat apa sajakah yang terkandung dalam cabai? Berikut ulasannya.

5 Manfaat Cabai untuk Kesehatan

  • Menurunkan Berat badan
Makanan yang pedas terbukti mampu membakar lemak dalam tubuh. Sesuai penelitian, cabai memiliki capsaicin, senyawa yang memberikan efek thermogenic sehingga membuat tubuh membakar kalori lebih banyak setelah kita mengkonsumsi makanan pedas.

  • Mencegah Kanker
Menurut sebuah penelitian, capsaicin dalam cabai memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa sel kanker. Selain itu, cabai juga dapat membantu untuk melawan masuk angin dan mencegah stroke dan obesitas. 

  • Menjaga Kesehatan Jantung
Cabai dikenal dapat mengurangi resiko masalah kardiovaskular. Cabai juga mampu menurunkan resiko serangan jantung dan stroke dengan mengurangi efek buruk dari LDL (kolesterol jahat). Capsaicin juga diyakini mampu memerangi peradangan, yang merupakan faktor utama penyebab masalah jantung. 

  • Menurunkan Tekanan Darah
Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa dalam cabai memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Pasalnya, senyawa tersebut bekerja untuk mendorong agar pembuluh darah tetap rileks. 

  • Mengurangi Tingkat Amarah 
Makanan pedas juga berguna untuk meningkatkan produksi serotonin yaitu hormon yang membangkitkan suasana hati menjadi lebih baik. Oleh karenanya, kita akan merasakan sensasi mood yang baik dan terhindar dari depresi setelah mengkonsumsi cabai.

Nah, itu tadi beberapa manfaat mengkonsumsi makanan pedas bagi kesehatan. Tapi ingat, konsumsilah cabai dengan ukuran yang wajar agar tidak timbul masalah kesehatan lainnya seperti diare dan sakit maag. Baca juga: 3 Langkah Mudah agar Tetap Sehat Meski Sibuk Bekerja