Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengganti Foto Cover Timeline di Facebook

cara mengubah cover photo facebook
Cara Mengganti Foto Cover Timeline di Facebook - Mungkin Anda masih merasa belum familiar dengan tampilan saat ini. Selain itu, barangkali Anda juga belum begitu paham beberapa fitur yang disediakan Facebook. Seperti kita ketahui, Facebook memang beberapa kali telah mengubah tampilan halaman newsfeed maupun profile. Nah, yang terbaru adalah perubahan halaman profile menjadi tampilan timeline. Salah satu fitur yang ditonjolkan dari tampilan atau layout baru ini adalah cover photo atau foto sampul. Foto ini berada persis di atas timeline Facebook Anda. Lalu apa fungsi dari cover photo tersebut?


Adapun kegunaan atau fungsi foto sampul tersebut, pertama sebagai ucapan selamat datang bagi mereka yang melihat Timeline Anda. Selain itu, foto sampul tersebut juga berguna untuk menggambarkan secara visual siapakah diri Anda. Kedua, foto di bagian atas Timeline Anda bermanfaat untuk memberikan kesan pertama kepada pengunjung Timeline Anda. Biasanya, orang sering memilih foto visual yang mencolok atau gambar tentang diri mereka dan apa yang mereka sukai. 

Nah, langsung saja, berikut cara mengubah foto sampul timeline Facebook. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Mengubah Cover Photo di Timeline Facebook

1. Arahkan kursor Anda ke foto sampul / cover photo timeline Facebook Anda.

2. Setelah itu, maka akan muncul tombol Change Cover / Ubah Sampul di sisi kanan foto.

3. Klik tombol Change Cover / Ubah Sampul.

4. Setelah itu akan muncul Menu dengan empat pilihan: Pilih dari Foto (Choose from My Photo), Upload Photo, Reposisi (Reposition), dan Hapus (Remove).

5. Jika Anda menggunakan aplikasi Facebook Mobile yang sync dengan ponsel, Anda juga dapat memakai opsi Add Synced Photo.

6. Klik Pilih dari Foto / Choose from My Photos untuk memilih foto sampul dari foto yang telah Anda tambahkan di Album Facebook Anda.

7. Maka akan muncul menu Choose from My Photos. Secara default, itu menunjukkan Recent Uploads. Anda bisa mendapatkan daftar lengkap dari foto Anda dengan mengklik View Albums / Lihat Album di sudut kanan atas.

8. Nah, jika Anda ingin mengupload foto di computer Anda, caranya silahkan pilih tombol Upload Photo untuk memilih foto sampul dari komputer Anda.

9. Maka akan muncul sebuah jendela untuk navigasi file komputer Anda muncul.

10. Cari lokasi file foto di computer Anda. Lalu, pilih foto tersebut untuk di upload.

11. Setelah proses upload selesai, sesuaikan posisi foto tersebut. Caranya klik Drag to Reposition Cover.

Karena dimensi pada cover photo cukup lebar, pastikan foto sampul yang Anda upload memiliki lebar minimal 720 piksel. Sebab jika tidak, proses upload akan error atau gagal. 

12. Terahir, klik Simpan Perubahan / Save Change. Selesai. Foto Sampul Anda kini sudah berubah.

Jika Anda ingin mengubah posisi foto sampul Anda, caranya cukup gampang. Arahkan kursor Anda ke menu Change Cover, lalu pilih submenu Reposition. Sesuaikan gambar / foto sampul sesuai yang Anda inginkan.


Nah, sekian tutorial tentang cara mengganti foto sampul timeline Facebook. Jika Anda punya pertanyaan atau masih kebingungan, silahkankan berkomentar di kolom bawah ini. Semoga bermanfaat.

Photo Courtesy: Google