Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Agar Anak Suka Belajar

mengatasi anak susah belajar
Belajar dan bermain merupakan dua aktivitas yang biasanya dilakukan oleh anak-anak. Keduanya harus berjalan secara seimbang agar pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal. Namun terkadang anak-anak kurang bisa menyeimbangkan antara waktu belajar dan bermain. 

Bahkan mereka cenderung malas-malasan ketika diminta untuk belajar atau mengerjakan PR. Padahal, belajar lebih dari sekedar menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Tetapi juga sebagai sarana untuk mengingat-ingat kembali pelajaran yang sudah disampaikan di sekolah.

Tahukah Anda bahwa ketika Anda mendidik anak-anak Anda untuk mencintai belajar mulai sejak dini, anak Anda akan terbiasa untuk berdisiplin dalam berbagai hal ketika kelak mereka dewasa. Selain itu, jika anak Anda sudah mencintai aktivitas belajar sejak usia belia, ketika usia mereka bertambah, mereka akan terpacu untuk terus belajar dan memperluas pengetahuan mereka.

Tips atau cara agar anak menyukai belajar

1. Buat suasana belajar menyenangkan

Jika biasanya anak Anda merasa tertekan saat mereka belajar, buatlah suasana senyaman mungkin agar buah hati Anda nyaman duduk di meja belajarnya. Ketika menemani mereka belajar, hindari obrolan yang menggurui. Posisikan diri Anda sebagai teman belajarnya. Agar suasana tetap asyik dan menyenangkan, sesekali Anda juga perlu membuat lelucon dengan mereka. 


2. Gunakan cara yang tidak biasa

Apakah anak Anda benci matematika? Jika iya, mungkin cara belajar selama ini kurang tepat. Cobalah untuk menggunakan metode matematika terapan. Buatlah contoh kasus yang berkaitan dengan ilmu matematika.

3. Berikan mereka hadiah

Jika mereka mulai jenuh dengan rutinitas belajar atau mengerjakan PR setiap malam, mungkin Anda perlu memberinya hadiah agar mereka termotivasi. Misalnya, Anda bisa memberinya permen atau cokelat setelah mereka selesai belajar. Intinya, buat mereka tetap semangat belajar dan tunjukkan sikap bahwa Anda sangat mendukung mereka untuk giat belajar.

4. Atur waktu belajar mereka

Terkadang Anda juga perlu mengatur jam belajar mereka agar tidak terasa membosankan. Banyak sekolah yang menyarankan untuk belajar tidak melebihi 45 menit, terutama bagi anak-anak. 

Untuk menyiasatinya, pasanglah timer atau alarm untuk mengatur waktu belajar mereka. Dengan cara yang tidak biasa ini, anak Anda akan terlatih untuk disiplin belajar dan menggunakan waktu dengan baik.

5. Berikan pujian kepada mereka

Pujilah buah hati Anda untuk setiap prestasi besar atau pun kecil yang mereka capai. Setidaknya dengan memberikan mereka pujian, anak Anda akan merasa diperhatikan dan didukung penuh untuk terus meningkatkan prestasi belajar mereka.

6. Berikan contoh pada mereka

Anak-anak merupakan peniru yang baik. Nah, hal yang perlu Anda lakukan adalah memberi mereka contoh belajar. Anda bisa membaca buku atau koran dan katakan pada mereka tentang kegiatan yang Anda lakukan. 

7. Tanamkan arti penting belajar dan sekolah

Seperti yang kita ketahui, sekolah memang sangatlah penting. Hal itu akan membantu anak Anda untuk meraih cita-cita masa depan. Tanamkan kepada mereka arti penting belajar dan sekolah bagi kehidupannya kelak. Sekolah bukan hanya soal mengerjakan PR atau ujian, tetapi juga mengajarkan mereka untuk mengatasi segala persoalan dalam hidup melalui ilustrasi mata pelajaran. 

Nah, itu tadi beberapa tips agar anak Anda menyukai belajar. Membantu anak Anda untuk mencintai belajar memang tugas berat. Namun, hal ini dapat tercapai jika Anda sabar dan telaten dalam mengajari mereka. Semoga bermanfaat.

Photo courtesy: allwomenstalk