Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Menarik tentang Emas

fakta emas
Emas merupakan salah satu logam yang paling terkenal dan sangat dicintai di dunia. Logam ini juga sering digunakan sebagai simbol kekayaan atau status seseorang. Tidak ada seorang pun yang tahu tentang asal-usul emas. Sementara beberapa teori mengatakan bahwa logam ini datang ke bumi melalui asteroid. 

Sedangkan teori lain mengatakan bahwa emas merupakan sisa-sisa dari tabrakan dari beberapa bintang neutron. Nah, mau tahu apa saja fakta-fakta tentang emas lainnya? Berikut ulasannya yang dikutip dari Mag for Women.


1. Emas dapat dimakan

Tahukah Anda bahwa emas dalam bentuk murni tidak beracun dan tidak menyebabkan iritasi atau membahayakan bila dikonsumsi. Bahkan, beberapa minuman beralkohol, jeli, teh, dan kopi ternyata mengandung emas metalik. Akan tetapi, senyawa emas seperti klorida emas beracun dan berbahaya bagi tubuh manusia jika dikonsumsi.

2. Emas dapat didaur ulang

Emas telah mengalami daur ulang sejak pertama kali ditemukan. Bahkan beberapa dari potongan-potongan emas yang kita gunakan saat ini merupakan daur ulang dari koin dan artefak kuno. Selain itu, pada beberapa ratus tahun silam, emas digunakan sebagai media untuk bertransaksi dalam perdagangan.

3. Emas berada di lautan

Emas ternyata bisa ditemukan di lautan. Namun, jumlahnya tidak terlalu besar, sehingga tentunya tidak praktis mengekstrak emas dari sana. Bahkan, sebuah perhitungan mengungkapkan bahwa biaya untuk mengekstrak emas jauh lebih besar ketimbang harga jula emas tersebut.

4. Emas selalu digunakan dengan logam lain

Tekstur emas sangat lembut dan oleh karena itu emas selalu dikombinasikan dengan logam lain untuk membuat perhiasan. Emas merupakan bahan yang sempurna untuk digunakan dalam perhiasan dan koin karena tidak bereaksi dengan air atau udara.

5. Emas memiliki sifat yang menakjubkan

Emas berharga bukan hanya karena keindahan dan kelangkaannya, tapi juga karena sifat fisik dan kimia yang luar biasa. Logam ini tahan terhadap reaksi kimia dan mampu mempertahankan kilaunya bahkan ketika terkubur selama bertahun-tahun. Logam emas juga bebas karat dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

*Photo Courtesy: mrakor ©crestock.com