Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Olahraga Pagi bagi Kesehatan

olahraga pagi
Konon, olahraga di pagi hari memiliki banyak sekali manfaatnya. Misalnya, jika Anda bangun setiap pagi dan berolahraga secara teratur, tubuh Anda menyesuaikan dengan jadwal tersebut sehingga akan menjadi sebuah rutinitas. Tubuh Anda mulai mempersiapkan untuk bangun dan Anda tidak merasa malas atau lesu untuk berolahraga. 

Nah, tahukah Anda, olahraga pagi ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Diantaranya, berolahraga akan meningkatkan metabolisme. Anda merasa aktif dan energik sepanjang hari. Olahraga pagi juga membantu membakar kalori dalam tubuh Anda. Jadi, jika Anda cepat merasa lelah dan sering mengalami stres, ada baiknya Anda harus berolahraga di pagi hari. Di samping itu, berolahraga di pagi hari bisa mengurangi stres dan menyegarkan pikiran Anda. Mau tahu apa saja manfaatnya? Dilansir situs boldsky, berikut 7 manfaat olahraga pagi bagi kesehatan.

1. Meningkatkan nafsu makan 

Ini merupakan salah satu manfaat olahraga pagi bagi kesehatan. Setelah berolahraga, Anda tentu akan merasa lapar. Selain itu, berolahraga sangat baik untuk sistem pencernaan dan membuat siklus buang air besar secara teratur.

2. Meningkatkan energi

Olahraga akan selalu membuat Anda energik. Selain itu, olahraga di pagi hari membantu Anda tetap sehat dan aktif sepanjang hari.

3. Mempertajam pikiran

Olahraga pagi juga memingkatkan fungsi kognitif otak Anda sehingga akan membantu Anda untuk lebih fokus dan menjaga pikiran tajam.

4. Melawan stres

Jalan-jalan pagi atau jogging dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mampu membantu melawan stres dan depresi. Jika Anda merasa drop, lakukan jogging setiap pagi. Udara segar pasti akan membuat Anda merasa lebih baik.

5. Menurunkan berat badan

Berolahraga di pagi hari juga akan menurunkan berat badan Anda. Saat berolahrga, metabolism tubuh akan meningkat sehingga membantu pembakaran kalori.

6. Tidur lebih nyenyak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berolahraga di pagi hari mempunyai siklus tidur lebih baik dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di sore hari. Hal ini karena otot-otot Anda membutuhkan waktu untuk relaks dan kembali normal setelah berolahraga, sehingga beolahraga di sore hari dapat mengganggu tidur Anda.

7. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Selain meningkatkan metabolisme tubuh, olahraga pagi juga mampu mengatur tekanan darah, detak jantung, dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot.

Photo Courtesy by boldsky