Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Reaksi Tubuh Saat Sedang Jatuh Cinta

Ketika sedang jatuh cinta, kita akan merasakan hal yang campur aduk. Jatuh cinta berjuta rasanya, begitulah kata orang. Tak hanya itu, banyak orang mengatakan ketika jatuh cinta, maka kita akan merasakan hal baru dalam hidup kita. Mulai dari perasaan berbunga-bunga, rasa rindu hingga jantung yang berdegup kencang.

Tapi ada yang harus kamu pahami, ketika seseorang jatuh cinta, tidak hanya hati yang bermain, melainkan juga sebagian anatomi tubuh. Jatuh cinta membuat semua anatomi tubuh bereaksi. 

Seperti dilansir viva.co.id, berikut ini adalah beberapa fakta menarik seseorang yang sedang jatuh cinta seperti dikutip dari wowenshealthmag:

1. Aktivitas otak berubah seketika
Cinta pada pandangan pertama. Semua orang pasti pernah merasakannya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Medicine, jatuh cinta mengaktifkan sekitar 12 daerah di otak. Hasilnya? Kamu akan mengetahui sedang jatuh cinta dalam waktu seperlima detik.

2. Jantung terasa berhenti
Jatuh cinta mempengaruhi tingkat hormon, menurunkan tekanan darah dan denyut jantung sehingga jantung terasa terhenti.

3. Gangguan masalah tidur
Menurut Journal of Adolescent Health, orang yang sedang jatuh cinta akan kehilangan satu jam tidur setiap malamnya. Gangguan tidur ini terjadi karena kamu selalu memikirkan orang yang kamu cintai.

4. Sembuhkan rasa nyeri
Meski jantung berhenti dan tekanan darah menurun sesaat ketika jatuh cinta, tapi jatuh cinta juga membentuk antibodi. Sebuah studi dari Stanford University menuliskan, jatuh cinta dapat mengaktifkan reseptor saraf di otak, dan ini sama dengan obat pengilang rasa sakit atau obat penenang.

5. Menjadi pelupa
Saat kepincut dengan seseorang, otak akan melepaskan oksitosin yang dapat merusak memori. Inilah yang membuat seseorang ketika jatuh cinta suka linglung.

6. Semua rasa itu manis
Apapun yang dirasa ketika jatuh cinta memang terasa manis. Ternyata ini bukanlah sebuah mitos, menurut American Psychological Association, orang yang sedang jatuh cinta, dan kemudian disuruh mencicip makanan atau minuman, mereka pasti akan menjawab makanan dan minuman memiliki rasa sama yakni manis.

7. Tulang menjadi kuat
Sebuah penelitian mengungkapkan adanya korelasi antara kebahagian pernikahan dan tulang yang sehat. Pasangan yang berbahagia memiliki tulang yang kuat.

Nah, itu tadi ulasan mengenai 7 reaksi tubuh ketika sedang jatuh cinta. Setiap orang pasti pernah mengalami rasanya jatuh cinta dalam hidupnya. Yang pasti akan membuat hidup kita lebih berwarna. :)