Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Perawatan Wajah agar Terbebas dari Jerawat

mengatasi jerawat
Munculnya jerawat tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Saat jerawat tumbuh, timbul bercak merah yang disertai peradangan. Di samping itu, masalah jerawat bisa dialami oleh siapapun, baik itu pria maupun wanita serta tidak mengenal umur. 

Adapun munculnya jerawat biasanya disebabkan oleh beberapa hal, misalnya stres, pemakaian kosmetik yang tidak cocok, pola makan serta polusi dan kotoran. Nah, untuk mencegah masalah jerawat muncul, berikut kami sampaikan ulasan mengenai cara untuk merawat kulit agar terbebas dari masalah jerawat yang dikutip dari situs Mag for Women.

1. Atur pola makan Anda

Diet seimbang dan lengkap dengan kombinasi buah-buahan, sayuran serta makanan bernutrisi lainnya dapat membantu mencegah segala macam masalah kulit termasuk jerawat. Selain itu, minum air putih yang cukup juga membantu membuang racun dari tubuh. Hindari makanan berminyak, berlemak dan junk food karena makanan ini kurang bermanfaat serta tidak baik bagi kesehatan kulit Anda.

2. Manfaatkan madu

Madu dianggap obat yang sangat baik untuk mengobati masalah kulit dan menjaga kulit tetap bercahaya. Oleskan madu pada kulit dan biarkan selama beberapa waktu. Setelah itu, cucilah dengan air dingin. Pemakain teratur masker madu pada wajah akan membantu Anda terhindar dari masalah jerawat. Selain itu, madu juga akan membuat kulit Anda terasa lembut dan halus.

3. Gunakan masker mentimun

Mentimun merupakan salah satu bahan yang sangat efektif untuk mencegah munculnya jerawat. Ambil beberapa jus mentimun dan terapkan pada seluruh wajah dan leher. Masket mentimun ini tidak hanya akan membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo, tetapi juga akan membantu untuk meremajakan kulit Anda.

Baca juga: 4 Perbedaan Perawatan Kulit untuk Pria dan Wanita

4. Oleskan tumbukan kunyit

Kunyit dikenal memiliki efek yang sangat baik pada kulit. Buatlah masker menggunakan bahan kunyit. Oleskan racikan kunyit tersebut pada wajah Anda. Diamkan beberapa waktu lalu bilaslah menggunakan air dingin. Jika diterapkan secara teratur, hal ini membantu menjaga kulit bebas dari segala macam masalah kulit.

5. Gunakan lidah buaya

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengobati jerawat adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya juga merupakan salah satu bahan yang paling umum yang dapat ditemukan dalam beberapa produk perawatan kulit. Sifat anti-inflamasi dari lidah buaya membantu menyembuhkan sel-sel yang meradang pada kulit.

Menjaga kulit sehat dan bebas jerawat tidaklah sulit jika Anda tahu bagaimana caranya. Perawatan kulit yang konsisten dan asupan makanan yang bergizi merupakan cara terbaik untuk mendapatkan kulit yang mulus dan terbebas dari jerawat.

Photo Courtesy: julief514 ©crestock.com